Kamis, 12 Desember 2013

Si Kutu Buku Yang Senang Berorganisasi



Aktifitas Organisasi dan keberhasilan dalam studi bagi Dedi Surya, lajang kelahiran 17 Juli 1991 ini, seperti orang berganti pakaian, ada saatnya seseorang harus fokus pada organisasi namun ada saatnya juga harus fokus pada pendidikan.


Bagi sebagian orang menyatukan keberhasilan aktifitas organisasi dan study bukan perkara gampang banyak orang yang sukses di organisasi namun sedikit tersendat dalam pendidikan, keduanya tidak bisa sejalan, namun di tangan Dedi semuanya terlihat mudah.

Mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Bahasa Inggris (2011-2012) dan saat ini menjabat sekretaris Bidang Pendidikan dan Keagamaan Forum Pemuda Peduli Generasi Bangsa (FP2GB) ini mampu meraih segudang prestasi dibidang akademik tanpa perlu meninggalkan aktifitas organisasnya yang berjibun ini terbuti pada pelaksanaan wisuda sarjana stara 1 (S1) XIV Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa yang digelar Kamis (12/12) kemarin dia berhasil meraih Indek Prestasi Kumulatif (IPK)  tertinggi  3,79 dengan peringkat kelulusan cumlaude atau terpuji.


Prestasi Dedy telah terlihat sejak belia, Dedi merupakan langgangan juara dalam berbagai even sejak usia dini, anehnya peraih Juara I Olimpiade Bidang Studi Matematika tingkat Sekolah Dasar (2001) dan Juara I Bidang Astronomi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Tingkat Kota Langsa (2008) bukan hanya jago dalam bidang studi ilmu pasti namun juga berbakat dalam bidang seni  setidaknya  Juara III Bidang Vocal Group Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI)  Tingkat Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (2006) dan Juara III Vocal Group Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) XI Tingkat Provinsi Aceh (2012) merupakan bukti tidak terbantah.

Anak ke empat buah hati Misno dan Asminah Br.Sinaga ini memiliki padangan sendiri soal keberhasilan dan kesuksesan, menurutnya ” sukses dilihat bukan dari IP tinggi tetapi bagaimana menikmati proses itu sendiri  ketika proses itu dinikmati maka hasilnya akan memuaskan” ujar Dedi yang semester kemarin berhasil meraih IP 3,75  ini dengan penuh kenyakinan.

Bagi Dedy, pengalaman dan lingkungan berupakan ruang belajar “ Belajar tidak harus monoton di bangku perkuliahan saja, “ ujarnya untuk menunjang komitmennya di bidang study dia memanfaat semua fasilitas yang dimiliki termasuk internet, baginya Facebook (FB) digunakan untuk lebih memfasihkan bahasa inggris dengan berchat dengan orang asing, “Media elektronik serta buku harus dimamfaatkan untuk memperluas wawasan  “ ungkap Dedi

Yang membedakan ia dengan mahasiswa berorganisasi lain adalah ia selalu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, banyak organisasi hancur karena perbedaan pendapat para anggotanya tetapi berbeda dengan pemuda berdarah batak ini, ia lebih memilih untuk mencari tahu apa yang diinginkan anggotanya dan berusaha menyatukan pendapat-pendapat para anggotnya yang berbeda, agar sejalan dengan tujuan organisasi yang diinginkan. “ berkerja dengan hati” ujar Dedi . 

Dia berpesan karir akademik dan berorganisasi, keduanya harus dijalani dengan seimbang agar hasil diinginkan akan mudah tercapai, bukan hanya sekedar ganti pakaian semata. Sukses Dedy

1 komentar: